...... Selamat datang di blog Bang Ali .....

 

Talk Less do more

Status YM
Tinggalkan Pesan

...ShoutMix chat widget...
Jam sekarang
My Facebook
Ali Mutakin

Buat Lencana Anda
Motto

Seseorang dihargai bukan karena apa yang diperolehnya, tetapi melainkan apa yang akan di berikannya

Konfigurasi Webmail Squirrelmail tanpa melewati CPANEL
Kamis, 07 Juli 2011
Sudah lama sekali saya tidak megupdate blog ini, hampir satu tahun kali ya, tapi tidak apa daripada tidak sama sekali :)

sembari mengobati masa kangen disini saya akan menuliskan sedikit share pengetahuan yang tujuan awal sebnernya adalah buat arsip pribadi agar sewaktu waktu lupa bisa membukanya kembali..

ceritanya berawal dari membuat sebuah website untuk pedidikan http://smpalishlah.sch.id , semua berjalan sperti biasa, membuat desain, coding sedikit dan upload ke hosting tentunya. setelah berjalan beberapa saat dan websitepun sudah bisa diakses, muncul sebuah keinginan untuk menambahkan fitur chating http://smpalishlah.sch.id/surat dan aplikasi webmail http://smpalishlah.sch.id/email, proses pembuatan menu berjalan dengan lancar, untuk aplkasi chatting berakhir dengan mulus, begitu pula dengan webmailnya berjalan dengan lancer, tetapi setelah dipublish ternyata ada hal yang janggal alias muncul pertanyaan pada link menu untuk webmail, dimana akses untuk menuju ke email tidak seperti yang saya harapkan.. aneh dan smepet geleng geleng :), kenapa setiap mengakses email selalu melewati CPANEL dan lebih aneh lagi setelah masuk lewat CPANEL masih disuguhi lagi tiga menu mana yang akan kita gunakan untuk email.. hmmm.. la kalo kaya gini ceritanya, yang bikin websitenya bingung apalagi yang gunainnya nnti.. hehe..

nah dari runtutan peristiwa diatas munculah sebuah ide, bisa tidak ya klo akes menu webmail langsung masuk ke halaman login tanpa harus masuk CPANEL dan tanpa juga masuk ke tiga menu pilihan email...

setelah mondar madir kesana kemari akhirnya ketemu juga idenya...

1. Download aplikasi squirellmail disini

2. Upload ke dalam public_html hosting anda

3. Ekstrak file tsb, kemudian rename nama foldernya menjadi nama yang mudah diingat, misalnya email.

kemudian buat subdomainnya. Misal: rename menjadi email, kemudian anda buat subdomain email ( otomatis akan mengarah ke folder tsb ), supaya bisa mengaksesnya nanti dengan http://email.namadomainanda.
Selanjutnya buat 2 buah folder baru di dalam folder squirellmail, masing-masing beri nama smdata dan attach, rubah permissionnya 777 untuk smdata dan 733 untuk attach, smdata digunakan untuk temp folder ketika melakukan pengiriman email, sedangkan attach sebagai temp folder attachment email.

5. Berikutnya adalah melakukan setup halaman login squirellmail, masuk ke folder config dari squirellmail anda, edit file config_default.php

Di line 487, pada bagian

$data_dir = ‘/var/local/squirrelmail/data/’; ganti menjadi

$data_dir = ‘/home/usercpanel/public_html/foldersquirell/smdata’;

Di line 505, pada bagian

$attachment_dir ganti value nya menjadi ‘/home/usercpanel/public_html/foldersquirell/attach’;

Nb. Tanda yang saya beri wana merah sesuaikan dengan usercpanel yang di dapat dari hosting dimana kita membalinya dan foldersquirell adalah folder subdomain yang sudah kita buat tadi

Setelah itu save file tsb menjadi config.php, lalu coba akses halaman test squirellmail. Apabila sebelumnya telah membuat subdomain email, coba akses dengan http://email.namadomain/src/configtest.php

setelah semua pengaturan dilakukan dan sekrang untuk mengakses webmail, tidak harus ribet.. langsung ke menu login Squirrelmail masukan username dan password yang sudah terdaftar di CPANEL, maka akan mengarah langsung ke halaman mailnya Squirrelmail seperti halnya login email yahoo dan gmail..


posted by Ali Mutakin @ 02.59  
2 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
Tentang saya

Name: Ali Mutakin
Home: Gunung Sari, Clekatakan, Pemalang , Jawa Tengah
Artikel
Update
Link
Statistik Pengunjung

IP



© Talk Less do more by Nikatumila.co.nr